Hasil WBC Keluar, Dua Warga Batan Terkontaminasi Cesium 137 Dosis Rendah

  • Whatsapp
Sekretaris Utama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Hendriyanto Hadi Tjahyono resmi menyampaikan hasil Whole Body Counting (WBC) 9 warga Batan Indah kepada Walikota Tangerang Selatan, Jumat (21/02/2020).

TANGERANG SELATAN – OnlineNews | Sekretaris Utama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Hendriyanto Hadi Tjahyono resmi menyampaikan hasil Whole Body Counting (WBC) 9 warga Batan Indah kepada Walikota Tangerang Selatan, Jumat (21/02/2020).

Hendriyanto menyatakan, hanya 2 orang dari 9 sampling yang positif ditemukan Cs-137 dengan laju paparan 0.05 mSv/tahun dan 0.12 mSv/tahun. Dengan kesimpulan bahwa tingkat kontaminasi ini sangat rendah dibandingkan dengan Nilai Batas Dosis (NBD) yaitu 1 mSv/tahun.

Muat Lebih

“Tapi tingkatnya sangat rendah, jadi tidak ada dampak radiologi dan tidak ada dampak kesehatan,” katanya.

Kesembilan orang tersebut, jelas Hendriyanto, merupakan warga yang tinggal di dekat lokasi ditemukannya sumber paparan radiasi di perumahan Batan Indah.

Meski dinyatakan aman secara medis, kedua warga tersebut akan terus diperiksa oleh Bapeten.

“Intinya di situ, dia sudah tidak ada masalah, tapi kami punya keinginan untuk melakukan pengecekan ulang pada satu atau dua bulan yang akan datang” ujarnya.

Bapeten dan Polri saat ini tengah melakukan investigasi untuk menemukan pelaku yang membuang limbah radioaktif Cesium 137 di area tanah kosong di Komplek Batan Indah, Serpong, Tangsel.

“Bapeten akan mendukung sepenuhnya, investigasi yang dilakukan Badan Reserse Kriminal Polri,” tandasnya. (Farhat Muhidin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *