Ikuti Kegiatan Pramuka, Beberapa Siswa SMP N 1 Turi Terseret Arus Sungai

  • Whatsapp
Kondisi arus Sungai Sempor, Padukuhan Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Jumat (21/02/2020).

SLEMAN – OnlineNews | Ratusan siswa SMPN 1 Turi, Kabupaten Sleman terseret arus banjir di Sungai Sempor, Padukuhan Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Jumat (21/02/2020).

Peristiwa naas tersebut terjadi saat para siswa mengikuti kegiatan Pramuka dengan agenda susur sungai sekitar pukul 15.30 WIB.

Muat Lebih

Kegiatan Pramuka SMPN 1 Turi ini diikuti 250 siswa dari total siswa 256. Sementara 6 diantaranya izin tidak mengikuti kegiatan.

Wahyu Efendi, Kepala Basarnas Yogyakarta menyampaikan, hingga Jumat malam, 6 siswa telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, 239 selamat dan 5 masih dalam pencarian.

Untuk kelima siswa yang belum ditemukan, petugas masih akan mengkroscek ke pihak sekolah, apakah kelima siswa tersebut sudah pulang atau memang terseret arus.

“Untuk kendala sampai saat ini belum ada, petugas gabungan masih terus melakukan pemantauan dan penyisiran sungai. Malam ini, kami maksimalkan pencarian hingga pukul 22.00 WIB,” terangnya.

Karena sudah malam dan dalam kondisi hujan, pencarian hanya dilakukan dengan memantau dari tepian sungai menggunakan lampu sorot. Rencana pencarian juga akan dilanjutkan esok hari.

Sementara itu, Bupati Sleman, Sri Purnomo menyampaikan, pihaknya menyayangkan pihak sekolah dan pembina Pramuka yang mengadakan kegiatan tanpa mempertimbangkan resiko yang dihadapi.

“Ini kan musim hujan, kenapa siswa diajak susur sungai, sementara arus cukup deras,” ujar Bupati.

Sri Purnomo mengatakan, pihaknya akan memberikan peringatan kepada pihak sekolah agar tidak melakukan kegiatan yang sekiranya membahayakan.

“Kepada sekolah yang akan mengadakan kegiatan alam, jangan membuat kegiatan di dekat sungai mengingat sedang musim hujan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” imbaunya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *