Selama Lebaran, Arus Lalulintas di Yogya Lancar

  • Whatsapp
Petugas kepolisian dari Polda DIY mengatur arus lalulintas saat lebaran serta memberikan pertolongan kepada para pengguna jalan di Yogyakarta

KESIAPAN Polda Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY dalam rangka pengamanan serta penanganan saat lebaran tahun 1444 M atau tahun 2023 H sudah dirasakan lebih matang.

“Saya mengamati dan merasakan selama lebaran ini ada semacam kesiapan yang lebih baik dalam pengaturan arus lalulintas serta pengamanan saat lebaran kali ini,” kata Sekretaris Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) UGM Dr Dewanti, Sabtu 29 April 2023.

Ia mengungkapkan, akses menuju provinsi DIY saat lebaran dari berbagai penjuru dirasakan lebih lancar jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Tentu ini berkat kerjasama yang bagus dari berbagai instansi. Ada persiapan yang matang saat lebaran ini dari Polda DIY serta antar instansi lain. Meski ada kemacetan namun tak dirasakan terlalu parah,” ucapnya.

Ia mengaku, saat melintas di jalur lintas selatan beberapa waktu lalu untuk menuju luar Yogyakarta merasakan perjalanan yang lancar.

“Pos pengamanan atau pos pelayanan yang diadakan Polda DIY dan jajaran cukup bagus. Ini penting dilakukan agar pengguna jalan atau pemudik merasa nyaman dalam perjalanan,” urainya.

Akses ke Lokasi Wisata

Dewanti menjelaskan, penjagaan menuju tempa wisata bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas kepolisian. Namun, seluruh lapisan masyarakat atau Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) warga setempat sangat diperlukan.

‘Tentu kerjasama masyarakat dan petugas menjadi kunci kelancaran arus lalu lintas ke tempa wisata,” jelasnya.

Lokasi wisata, menurutnya, hendaknya memberikan informasi secara terus menerus terkait kepadatan wisata yang berkunjung ketempat itu.

“Jadi ada informasi yang real time ke wisatawan yang akan berkunjung. Jika tempat itu memang sudah padat bisa dipindahkan atau dialihkan ke lokasi wisata yang lain,” ucapnya.

Kedepan dirinya berharap kelancaran arus lalulintas serta pengamanan di Yogyakarta saat lebaran tahun ini bisa lebih meningkat.

“Tentu ada evaluasi dari tahun ke tahun. Saya berharap keamanan serta kelancaran di Yogyakarta selama lebaran tahun depan lebih meningkat. Mengingat, Yogyakarta adalah satu tempat favorit bagi wisatawan. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta merasa nyaman,” demikan Dewanti. TAN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *