Profil Ahli Politik Hukum Ketatanegaraan di Indonesia Saiful Anam

  • Whatsapp
Foto Doktor Saiful Anam

SAIFUL Anam merupakan pendiri Pusat Riset Politik Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI). Ia merupakan ahli atau pakar Politik Hukum Ketatanegaraan di Indonesia.

Pria yang lahir dari desa ini maju dan berkembang dengan berbagai tempaan dan pengalaman baik formal maupun non formal. Tempaan semangat dan keinginan dalam berorganisasi membawanya matang dalam setiap menghadapi dan menyelesaikan problematika persoalan hukum yang senantiasa berkembang seiring perkembangan zaman.

Muat Lebih

Dalam kehidupannya ia sangat tidak asing dengan organisasi baik yang bersifat lokal, nasional maupun internasional. Sejak duduk dibangku Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi ia selalu dipercaya mengemban amanah untuk menduduki posisi penting dan strategis.

Disamping itu, doktor Universitas Indonesia (UI) yang mengambil disertasi “Pergeseran Fungsi DPR dalam Pengisian Pejabat Negara Pasca Reformasi” itu berhasil membawa perubahan kearah yang lebih baik dengan berlandaskan pada keilmuan dan prinsip kejujuran dalam setiap langkah yang diambilnya.

Dilahirkan dari kalangan santri dan mengalir darah yang dekat dengan kultur Nahdlatul Ulama (NU) sehingga terpengaruh suasana batin dan nurani untuk senantiasa membela masyarakat yang lemah yang membutuhkan bantuan.

Tidak berhenti disitu, melalui Organisasi Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ia banyak belajar membaca, menulis dan berdiskusi. Sehingga membawanya mengerti tentang arti penting hidup dan kehidupan sehingga dalam setiap langkah dan perjuangannya selalu berlandaskan pada nilai dasar perjuangan yang mengutamakan keyakinan akan sampai pada tujuan yang diharapkan.

Menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum (SH) pada Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo dengan spesialisasi Hukum Pemerintahan (Hukum Tata Negara dan Administrasi Negara).

Kemudian, Saiful Anam sempat melanjutkan ke jenjang pendidikan Magister Hukum (MH) Universitas Airlangga. Setelah itu, Saiful Anam menyelesaikan Magister Hukum (MH) Universitas Indonesia dengan spesialisasi Hukum Kenegaraan, kemudian Master of Law (LLM) Human Rights Conflict and Justice Soas University UK, dan menyelesaikan pendidikan Doktor Ilmu Hukum Universitas Indonesia dengan spesialisasi Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara.

Berbagai beasiswa sempat ia dapatkan, seperti beasiswa mahasiswa berprestasi, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa Berwan Djarum, beasiswa Pertamina dan beasiswa pendidikan Indonesia Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Selain itu berbagai pengalaman kerja telah ia kerjakan, mulai perusahaan swasta asing sampai tenaga ahli pada kantor Pemerintahan pernah ia geluti, sehingga pengalaman dan pengetahuan tentang administrasi serta menajemen diri dan lingkungan ia kuasai.

Berbagai buku, jurnal ilmiah, opini hukum tersebar baik pada media cetak maupun elektronik, sehingga memungkinkan untuk selalu update tehadap perkembangan dinamika problematika hukum dan sosial yang cepat berkembang seiring majunya teknologi dan informasi. (Tan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *