Dimulai, Kompetisi VLog “Penerapan Protokol Pencegahan COVID-19 Di Proyek Konstruksi” Sasar Mahasiswa DIY dan Jateng

  • Whatsapp

Yogyakarta (11/8) – Upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 pada proyek konstruksi membutuhkan peran serta dari berbagai pihak, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pihak swasta dan seluruh elemen masyarakat. Dunia usaha/ industri jasa konstruksi dan masyarakat pekerja konstruksi, bahkan para calon tenaga kerja konstruksi (terampil/ ahli) yang masih mengenyam pendidikan pun, memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan.

Dalam kaitannya dengan pekerjaan konstruksi, Kementerian PUPR telah menerbitkan Protokol Pencegahan COVID-19 Di Proyek Konstruksi. Protokol ini dimaksudkan sebagai panduan bagi Pemilik/ Pengguna/ Penyelenggara bersama Konsultan, Kontraktor, Sub-Kontraktor, Vendor/ Supplier dan Fabrikator, Mandor serta para Pekerja dalam mencegah wabah Virus Corona di proyek konstruksi, yang diharapkan dapat meminimalisir risiko dan dampak penularannya pada pekerjaan konstruksi.

Muat Lebih

Protokol ini adalah bagian dari seluruh kebijakan untuk mewujudkan keselamatan konstruksi yang dalam konteks ini bermakna sebagai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi yang mencakup : keselamatan dan kesehatan kerja, keselamatan publik, dan keselamatan lingkungan dalam setiap tahapan penyelenggaraan konstruksi.

“Site work konstruksi memang memiliki potensi penularan COVID-19 yang cukup tinggi karena adanya aktivitas pekerjaan pada satu lokasi yang sama dalam durasi waktu yang panjang,” Agung Satrio, MT., selaku kepala Balai Pengembangan Jasa Konstruksi menyampaikan.

Hal inilah yang melatarbelakangi Pemerintah Daerah DIY melalui Balai Pengembangan Jasa Konstruksi (Balai PJK), Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Dinas PUP-ESDM) DIY memfasilitasi kompetisi pembuatan film peraga pembelajaran (video blogging/ vlog) penerapan Protokol Pencegahan COVID-19 Di Proyek Konstruksi.

“Para mahasiswa tingkat D3/ S1 dari Fakultas Teknik sebagai calon tenaga kerja konstruksi (terampil/ ahli), memiliki potensi kepedulian yang besar terhadap pencegahan Virus Corona,” lanjut Agung. “Dengan kompetisi ini diharapkan akan memancing daya kreasi dan menumbuhkan kepedulian mahasiswa agar dapat ikut serta berkontribusi menerapkan pengetahuannya bagi masyarakat jasa konstruksi dalam rangka upaya menerapkan perilaku yang tepat untuk meminimalisir risiko dan dampak penularan COVID-19 pada pekerjaan konstruksi”, tutupnya.

Proses rekruitmen peserta dimulai pada tanggal 1 Agustus 2020 sampai tanggal 2 September 2020. Dengan juri kompetisi sebanyak 3 orang yang berasal dari unsur : praktisi K3 Konstruksi, pejabat struktural internal Dinas PUP-ESDM DIY, dan praktisi/ akademisi/ ahli bidang protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Kompetisi ini memperebutkan hadiah utama dengan total nilai jutaan rupiah. Dan semua peserta yang lolos seleksi final akan mendapatkan sertifikat serta souvenir menarik.

Pendaftaran bisa dilakukan via WhatsApp dengan Format : DAFTAR_NAMA KETUA TIM_JURUSAN/KAMPUS kirim ke 081227351447 (Fitri).
Syarat dan ketentuan dapat dilihat di https://bit.ly/KompetisiVlogBalaiPJKDIY atau https://klinikkonstruksi.jogjaprov.go.id/event.php

Info lebih lanjut;
Website: http://bpjk.jogjaprov.go.id/ dan https://klinikkonstruksi.jogjaprov.go.id/
IG : @balaipjk_diy dan @semarevent
CP : 081227351447 (Fitri)

Daftarkan tim-mu sekarang juga lurr! Dan jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19 ya ☺. (dv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *